Senin, 06 Januari 2014

Falsafah Gamelan



 Jika berbicara tentang pagelaran gamelan atau karawitan, kita mengenal adanya istilah “Pathet”. Pathet dalam Karawitan adalah pembatasan nada atau pembatasan permainan nada. Jadi nada itu tidak dimainkan asal-asalan tapi ada aturan-aturan tertentu. Setiap Pathet itu dikaitkan dengan falsafah kehidupan.
Menurut Pak Trustho, seorang pengrawit senior, ada tiga macam Pathet yang semuanya menggambarkan falsafah kehidupan manusia dari lahir sampai mati: Pathet 6, Pathet 9 dan Pathet Manyuro. Diawali dengan Pathet 6 yang masih sederhana itu menggambarkan bahwa pada awal kehidupan seseorang pola pikirnya itu masih sederhana, belum lengkap, belum dalam. Pada Pathet 9 dimana estetika karawitan, pola garap, pola lagu dan kedalaman rasanya cenderung mulai “menep” (dalam), menggambarkan seseorang yang sudah beranjak dewasa mulai menghadapi berbagai masalah yang harus bisa diatasi.  Kemudian, Pathet Manyuro yang sudah matang penggarapan dan permainannya itu menggambarkan masa tua yang sudah penuh solusi / berpengalaman mengatasi berbagai masalah kehidupannya.
Dalam sebuah pertunjukkan gamelan (karawitan) sudah ada pembagian wilayah kerja, dari pemimpin lagu, pemimpin irama hinggapeng-implementasi irama. Semua unsur itu bekerjasama secara otomatis meskipun tidak ada konduktornya; semua pemain sadar akan perannya masing-masing. Misalnya: seorang pemain kendang (pengendang), karena perannya sebagai pemimpin maka ia harus selalu ingat dengan para pendukungnya (pemangku lagu/ pendukung irama). Ia tidak boleh diktator mentang-mentang pemimpin lalu dengan seenaknya membuat tempo sehingga pemain lain “keteteran” tidak bisa mengikuti irama kendangnya.  Hal begini tidak boleh terjadi dalam pertunjukkan gamelan (karawitan). Demikian halnya dengan para pendukung seperti saron, demung atau instrumen pendukung lain, juga harus bisa menyesuaikan dengan instruksi yang disampaikan oleh pengendang. Begitu juga dengan instrumen yang secara struktural bersifat kolotumik seperti Gong yang mengamini, atau kenong dan kempul yang membagi-bagi kalimat lagu.
Dengan pemahaman mendalam tentang peran masing-masing maka dalam orkestra gamelan terbangun “pengendapan rasa”: tidak emosional, tidak sombong, saling menghargai dan saling melengkapi. Setiap pemain harus sungguh-sungguh bersabar menunggu gilirannya. Misalnya pemukul gong; gong pasti dipukul lebih lambatdibanding dengan yang lainnya, tapi pukulan gong selalu ditunggu, dan jika salah pasti juga akan mendapat kritikan seperti lainnya. Dengan kata lain, bermain musik gamelan mendidik orang untuk bisa mengelola emosi dan mengendalikan diri.

Gamelan Pusaka
Didalam masyarakat Indonesia, masih ada sebagian orang yang percaya bahwa gamelan tertentu memiliki kekuatan gaib. Suara yang dikeluarkan dari alat musik gamelan seringkali dianggap mempunyai daya magis yang bisa mempengaruhi aura kehidupan manusia. Gamelan seperti ini biasanya bukan lagi sekedar alat musik tapi sudah dianggap sebagai pusaka, dan hanya dimainkan pada saat yang sangat istimewa. Oleh karena keistimewaan itu, gamelan demikian mendapat penghormatan sama halnya seperti menghormati leluhur dan keris pusaka.
Sebenarnya, penghormatan seperti kepada leluhur itu tidaklah berlebihan jika kita melihat dari rasa (roso) dan energi yang terlibat saat sang empu menempa dan membentuk gamelan itu hingga menghasilkan nada yang begitu indah hingga terkesan magis; atau saat sang pemilik gamelan itu dahulu sering menumpahkan perasaan dan pikiran dengan memainkan gamelannya seperti halnya seorang pianis meresap dalam permainan pianonya.
Sebagai alat musik yang dipandang memiliki daya magis, gamelan pusaka seringkali digunakan untuk mengiringi gendhing-gendhing Jawa yang memiliki makna sangat “khusus”, yang seolah mengandung misteriseperti misalnyagendhing Tunggul Kawung yang konon untuk “menahan/memindahkan” hujan, atau sebaliknya gendhing Mego Mendhung yang untuk mendatangkan hujan lebat. Meskipunsemua itu tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, para pemain gamelan (karawitan)bisa membuktikannya dengan “rasa” yang mereka miliki.

Sumber: http://desyntacoret.blogspot.com/2011/10/falsafalah-gamelan.html

0 komentar:

Posting Komentar